21/11/14

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh secara Alami


Banyak di antara kita yang mengabaikan nikmat sehat. Padahal, kesehatan adalah salah satu nikmat yang tak ternilai harganya. Sehat badan membuat kerja kita lancar dan dapat beraktivitas lebih produktif. Manakala sakit baru terasa kalau badan sehat itu nikmat.


Apa saja tips terbaiknya? Berikut ini cara sehat alami yang mudah dan menyenangkan.

1. Konsumsi air putih
Idealnya seseorang minum air putih adalah 8 gelas sehari. Air putih sangat baik untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan melarutkan zat-zat yang masuk ke dalam tubuh. Air putih juga bermanfaat untuk mengurangi beban kerja ginjal.

2. Rutin berolah raga
Olahraga tidak harus dilakukan di tempat fitnes. Kita bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, senam, jogging, bersepeda, renang, dll. Berolahraga selama 15 menit, walau singkat sangat bermanfaat bagi tubuh dan menyehatkan jantung. Olah raga terlalu berat justru tidak baik bagi tubuh. Lakukan olahraga sesuai dengan kemampuan tubuh Anda.

3. Hindari rokok dan minuman berakohol

Berhentilah merokok sebelum semua terlambat, berhentilah merokok jika Anda sayang keluarga Anda. Jika tidak bisa langsung berhenti, maka kurangi jumlahnya. Setiap jumlah yang berkurang dalam merokok bisa membantu jantung tetap sehat. Selain itu, butuh kemauan sekuat baja untuk berhenti merokok apalagi bagi Anda yang sudah candu berat dengan rokok.

Rokok adalah gudangnya racun yang merusak organ tubuh. Nikotin, salah satu racun dalam rokok, dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan dalam tubuh. yakni mengurangi kadar oksigen dalam jantung, meningkatkan tekanan darah dan denyut jantung, meningkatkan risiko penggumpalan darah, serta merusak dinding pembuluh darah jantung.

Karbon dioksida di dalam asap rokok juga akan mengambil alih sebagian porsi oksigen dalam darah. Akibatnya, tekanan darah naik karena jantung harus memompa lebih keras untuk mendapatkan suplai oksigen yang cukup. Rokok juga dapat menyebabkan kanker, stroke, pengeroposan tulang, kerusakan mata, kemandulan, cacat pada janin/bayi.

Minuman keras beralkohol dapat menimbulkan ancaman serius bagi kesehatan, seperti penyakit kronis termasuk kanker, kehilangan kesadaran, liver, radang usus, kerusakan otak, dll.

4. Hindari stress
Kondisi kejiwaan yang stress akan mempengaruhi kualitas kesehatan fisik tubuh Anda. Senyum dan tawa dapat menjadi obat mujarab untuk menghilangkan stress. Menghindari stress cukup mudah misalnya dengan refreshing/berlibur, menyalurkan hobi, berkumpul bersama keluarga dan sahabat, dll.

5. Cukup istirahat
Tidur adalah hal yang sangat penting bagi manusia. Kurang tidur atau sering begadang tidak baik bagi kesehatan. Namun, kebanyakan tidur juga tidak baik karena melemahkan tubuh dan meningkatkan resiko terserang penyakit. Untuk orang dewasa, tidur idealnya dalam sehari semalam adalah 6-8 jam. Oleh sebab itu, di sela-sela pekerjaan Anda tidur sejenak atau istirahat agar tubuh terutama otak Anda dapat segar kembali dan dapat berkonsentrasi menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

6. Memilih makanan/minuman yang sehat
Sekarang ini banyak sekali makanan dan minuman instan siap saji yang mengandung bahan kimia berbahaya seperti pemanis, pewarna, pengawet, dan perasa. Hindari makanan dan minuman tersebut karena dapat menimbulkan penyakit serius dan gangguan kesehatan.

7. Konsumsi buah dan sayuran segar
Buah dan sayuran mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral, juga serat yang diperlukan oleh tubuh. Buah-buahan dan sayuran juga mengandung zat tertentu yang dapat membantu tubuh Anda melindungi diri dari serangan penyakit.

8. Konsumsi herbal
Herbal sangat baik bagi tubuh manusia karena sama-sama bersifat organik. Walaupun dikonsumsi terus-menerus sesuai aturan, herbal alami tidak menimbulkan efek samping sehingga aman bagi tubuh. Konsumsi herbal setiap hari memiliki manfaat yang luar biasa untuk menjaga stamina dan mencegah berbagai penyakit.
Herbal kulit manggis+sirsak sangat baik untuk mencegah ancaman berbagai penyakit, baik penyakit ringan maupun berat (kronis).

Oke sobat, demikianlah tips sehat alami, mudah dan menyenangkan. Semoga bermanfaat dan kita selalu diberikan kesehatan. Amien.

CompuHerb's Blog :

Terima kasih telah mengunjungi blog kami. Semoga bermanfaat.
Sukses salalu !

0 komentar:

Solusi sehat alami dan produktif

Solusi sehat alami dan produktif

Kata Pencarian..

Distributed ByMy Blogger Themes|Designed ByBloggerMotion

Top